PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

 

PAUD

PAUD

 

Progam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu Program Pembangunan Nasional melalui Kementrian Pendidikan Nasional yang kemudian diteruskan ke daerah Kabupaten/ Kota yang ada di seluruh Indonesia. Khusus di Kabupaten Kuantan Singingi kewenangan pengelolaan dan penyelenggaraan program PAUD ini berada pada SKPD Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi. Program PAUD dikelompokkan menjadi 2, yaitu PAUD Formal dan Paud Non Formal. PAUD formal meliputi TK/RA. Sedangkan PAUD non formal meliputi TPA,KB,Pos Paud dan Satuan Paud Sejenis (SPS).

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi bersama-sama dengan stakeholder yang ada selama tahun 2012 terus menggalakkan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sasaran dari program ini adalah untuk dapat mempersiapkan anak usia 4-6 tahun untuk memasuki bangku sekolah. Berdasarkan jumlah anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Kuantan Singingi yang diperkirakan mencapai 18.329 orang, 4.722 anak diantaranya telah mendapatkan layanan pendidikan pra sekolah baik pada jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Anfal (RA) maupun yang diselenggarakan pada Taman Penitipan Anak (TPA) dan Kelompok Bermain (KB). Dengan kondisi tersebut maka capaian kinerja untuk indikator Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun 2012 sebesar 17,22% dan APM/APK TK sebesar 28,94%. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2011 yang mencapai 28,35%.  Namun demikian APM PAUD Kabupaten Kuantan Singingi masih rendah jika dibandingkan APK PAUD Nasional sebesar 50,62%.

Selain peningkatan capaian kinerja PAUD,  ketersediaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan PAUD pada tahun 2012 juga mengalami peningkatan. Untuk jenjang TK/RA telah mencapai 171 sekolah yang terdiri dari 2 TK Negeri dan 170 TK/RA swasta. Secara umum perluasan, pemerataan serta peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih sangat diperlukan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi melalui dinas pendidikan  untuk menunjang program PAUD adalah : 1) pembangunan gedung sekolah, 2) pembangunan sarana dan prasarana bermain 12 TK, 3) penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, 4) Pengadaan buku-buku dan alat tulis siswa, 5) lomba mewarnai gambar TK dan 6) pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) TK.

Dalam rangka perluasan dan pemerataan Pendidikan Anak Usia Dini, pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) TK merupakan salah satu prioritas dalam lima tahun kedepan. Kedepan tiap Kecamatan terdapat 1 buah TK Pembina untuk kemudian keberadaan TK Pembina perlu diperluas dan dikembangkan dari tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan.

Selain itu salah satu faktor penyebab rendahnya angka partisipasi PAUD adalah masih rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya PAUD bagi pertumbuhan kecerdasan anak. Oleh karena itu dalam upaya memasyarakatkan PAUD ini perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat terutama bagi masyarakat di daerah perdesaan. Sehingga dengan demikian akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengelola PAUD/TK/RA, meningkatkan jumlah anak yang mengikuti pendidikan PAUD dan meningkatkan mutu pelayanan  PAUD.

 

Tulis Komentar